-->

Iklan

Macam-Macam Gerakan Variasi Senam Lantai Tanpa Alat | Buku Terbaru

Masih ingat pembahasan sebelumnya tentang Latihan Kecepatan dan Kelincahan? Nah, berikut ini akan kami sajikan materi selanjutnya tentang Macam-Macam Gerakan Variasi Senam Lantai Tanpa Alat | Buku Terbaru. Latihan ini penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Variasi Pola Gerak Senam Lantai tanpa Alat Senam lantai adalah suatu latihan tubuh yang dilakukan di lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kelenturan, koordinasi, dan kontrol tubuh. Gerakan senam lantai sangat beragam. Ada gerakan sederhana, ada pula gerakan rumit sehingga memerlukan ketangkasan dan koordinasi tinggi. Senam ketangkasan bisa dilakukan dengan alat atau tanpa alat.

Melalui kegiatan tersebut, kamu memiliki pengetahuan awal tentang aktivitas senam lantai. Selanjutnya, kamu akan mempelajari variasi senam lantai tanpa alat dengan kombinasi berbagai gerakan. Apa saja gerakannya?

1. Sikap Lilin
Sikap lilin adalah sikap menjaga keseimbangan dalam posisi seperti lilin. Sikap lilin dilakukan dengan variasi bertumpu dengan kombinasi keseimbangan tubuh. Bagaimana caranya? Amatilah gambar berikut.

Dari Gambar 6.2, kamu mengetahui cara melakukan sikap lilin. Awalnya, tidurlah telentang di atas matras. Kedua tangan menyangga punggung pada sisi badan. Rapatkan kedua kaki. Tengkuk sebagai tumpuan. Kemudian, tarik kaki ke atas setinggi mungkin, tahan dengan kedua tangan. Tarik kaki sampai lurus, ujung kaki sejajar dengan bahu. Ayunkan kaki ke belakang, kemudian kembalikan posisi semula. Buka kedua kaki ke arah kanan dan kiri, kemudian kembalikan posisi kaki ke atas. Lakukan gerakan ini secara disiplin dan tanggung jawab. 

2. Jangkit Berantai
Gerakan jangkit berantai dilakukan berkelompok. Dalam gerakan ini, kamu melakukan variasi bertumpu/tolakan dengan kombinasi berpindah tempat. Amatilah Gambar berikut. Praktikkan bersama temanmu gerakan tersebut. Lakukan dengan disiplin, tanggung jawab, dan saling bekerja sama.
Macam-Macam Gerakan Variasi Senam Lantai Tanpa Alat | Buku Terbaru

Bagaimana cara melakukan lompatan jangkit berantai. Berikut cara melakukan jangkit berantai. Awalnya, buatlah kelompok beranggotakan empat orang. Berdiri dalam formasi berbanjar lurus. Setiap anak mengangkat salah satu kaki agar dipegang teman di belakangnya. Saat kaki terpegang, lakukan lompatan jangkit bersama menempuh jarak lima meter. Lakukan jangkit berantai dengan disiplin dan tanggung jawab.

3. Kayang
Macam-macam gerakan variasi senam lantai tanpa alat yang ketiga yaitu gerakan kayang. Kayang adalah sikap badan telentang membusur, bertumpu pada kedua kaki dan tangan. Bagaimana cara melakukan gerakan kayang? Cara melakukan gerakan kayang sebagai berikut. Pertama, posisi awal, badan berdiri tegak. Kedua kaki agak terbuka dan kedua tangan lurus di atas. Kedua, jatuhkan punggung ke belakang dengan melengkungkan badan hingga kedua tangan menyentuh lantai. Ketiga,  tahan beberapa saat, lalu kembali pada sikap permulaan. Keempat, lakukan gerakan kayang dengan percaya diri.

4. Kangkang Berpasangan
Apa manfaat gerakan kangkang? Gerakan ini melatih keseimbangan, kelenturan, serta kekuatan tangan dan punggung. Bagaimana cara melakukan kangkang berpasangan? Amatilah Gambar berikut.

contoh macam-macam gerakan senam lantai tanpa alat

Apa yang dapat disimpulkan dari Gambar diatas? Dari gambar tersebut, kamu mengetahui cara melakukan gerakan kangkang. Posisi awal, duduk berhadapan dengan pasangan. Kedua kaki dibuka lebar dan dirapatkan dengan kaki pasangan. Pegang tangan pasangan. Tarik punggungmu ke belakang seperti hendak tidur. Pasangan mengikuti gerakanmu dengan membungkukkan badan ke depan. Pusatkan kekuatan di punggung dan tangan. Lakukan gerakan bergantian dengan pasangan secara tanggung jawab. 

5. Sikap Pesawat Terbang
Sikap pesawat terbang merupakan bentuk variasi bertumpu dengan kombinasi keseimbangan tubuh. Bagaimana cara melakukan sikap pesawat terbang? Cara melakukan sikap pesawat terbang yaitu sebagai berikut. Awalnya, posisi berdiri tegak dengan kedua lengan lurus di samping badan. Kaki kanan sebagai tumpuan dan angkat kaki kiri lurus ke belakang. Ikuti gerakan merentangkan kedua lengan ke samping. Gerakan ini untuk menjaga keseimbangan tubuh. 

Demikian penjelasan materi Macam-Macam Gerakan Variasi Senam Lantai Tanpa Alat | Buku Terbaru. Baca juga materi selanjutnya yaitu Variasi dan Kombinasi Gerak Senam Lantai dengan Alat. Sekian, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel