-->

Iklan

Rangkuman Materi Tokoh-Tokoh Indonesia | SMP Belajar di Rumah TVRI

Rangkuman Materi Tokoh-Tokoh Indonesia | SMP Belajar di Rumah TVRI, untuk belajar dirumah bagi siswa/siswi SMP yang ketinggalan nonton di chanel TVRI pada hari Senin 20 April 2020 dapat kalian pelajari disini karena akan dibahas secara lengkap dan mudah dipahami. Langsung saja simak penjelasan berikut.

Tokoh-Tokoh Indonesia

Rangkuman Materi Tokoh-Tokoh Indonesia | SMP Belajar di Rumah TVRI
https://www.inews.id/
Kemerdekaan Indonesia tidak akan terlepaskan dari perjuangan para pahlawan kemerdekaan dalam mengusir penjajah dari tanah air tercinta. Atas jasa para pahlawan, negara Republik Indonesia mengangkat para pejuang tersebut sebagai pahlawan nasional Indonesia. Untuk mengenang jasa para pahlawan berikut ini akan kami sajikan 15 pahlawan nasional yang paling dikenal sepanjang masa. Langsung saja simak penjelasan berikut.

1. Jenderal Soedirman
Jenderal Sudirman adalah panglima tentara dan jenderal RI pertama, tapi beliau juga menjadi orang yang termuda dalam sejarah negara Indonesia. Pada usia 31 Tahun beliau sudah bergabung dengan para pahlawan kemerdekaan yang lain untuk mengusir penjajah Jepang, Belanda, dan sekutu.

2. Hasyim Asy'ari
Kyai Haji Muhammad Hasyi merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia sekaligus pendiri NU yang merupakan sebuah organisasi Islam di Indonesia. Beliau juga dikenal sebagai intelektul muslim yang mewarnai perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan gagasan-gagasannya yang lestari hingga sekarang.

3. Pangeran Diponegoro
Beliau berperan besar dalam memimpin perang Jawa yang terjadi dalam kurun waktu 5 tahun yaitu pada tahun 1825 sampai 1830. Perang ini terjadi hampir di seluruh daerah di pulau Jawa dan salah satu perang terbesar di Indonesia yang pernah terjadi dalam sejarah perjuangan melawan tentara sekutu Belanda, walaupun berakhir dengan kemenangan Belanda. Beliau sempat membuat Belanda mengalami kesulitan dan kerugian akibat gugurnya ribuan serdadu Belanda.

4. Ki Hajar Dewantara
Raden Massuardi Suryaningrat atau yang lebih dikenal dengan Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu aktifis pergerakan kemerdekaan RI. Sepanjang hidupnya beliau berperan besar dalam pendidikan Indonesia. Perguruan Taman siswa adalah salah satu hasil jeripayah beliau dalam memberikan kesempatan pendidikan bagi kaum Indonesia yang dahulu hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Belanda dan kalangan elite saja.

Demikian pembahasan Rangkuman Materi Tokoh-Tokoh Indonesia | SMP Belajar di Rumah TVRI yang akan tayang pada hari senin 20 April 2020 di chanel TVRI. Lihat materi lainnya DISINI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel