-->

Iklan

Contoh Latihan Kecepatan dan Kelincahan | Bentuk Latihannya

Masih ingat pembahasan sebelumnya tentang macam-macam latihan kelenturan? Nah, pada pembahasan kali ini akan melanjutkan materi contoh latihan kecepatan dan kelincahan | bentuk latihannya. Latihan ini merupakan komponen penting dalam kebugaran jasmani dan berperan penting saat kamu melakukan aktivitas.

Bagaimana si bentuk-bentuk latihannya? Selanjutnya, kamu akan mempraktikkan berbagai bentuk contoh latihan kecepatan dan kelincahan. Mari, kita pelajari materi berikut dengan cermat. 

1. Latihan Kecepatan

Latihan kecepatan merupakan kemampuan untuk menggerakkan tubuh dari satu tempat berpindah ketempat lain dalam waktu secepatnya. Kecepatan diketahui dengan mengitung waktu yang ditempuh dari pertama mulai gerak sampai behenti bergerak.. Berikut latihan untuk meningkatkan kecepatan gerak.

a. Lari Melompati Palang 
Amatilah gambar berikut!
Contoh Latihan Kecepatan dan Kelincahan

Lari melompati palang dapat meningkatkan kecepatan. Posisi kaki ketika melompat seperti berjalan di udara. Saat mendarat, kedua lutut ditekuk. Lakukan gerakan ini bergantian dengan temanmu.

b. Lari Cepat
Lari cepat merupakan kegiatan lari secepatnya dalam jarak tertentu. Dalam lari cepat, diperlukan reaksi yang cepat, kecepatan, dan lari yang efisien dari garis start hingga garis finis.

2. Latihan Kelincahan

Kelincahan (agility) adalah kemampuan seseorang bergerak cepat dan mengubah posisi tubuh berulang-ulang. Kecepatan menitikberatkan pada kecepatan merubah arah. Bagaimana bentuk latihan meningkatkan kelincahan? Latihan yang dapat meningkatkan kelincahan sebagai berikut.

a. Lari Bolak-Balik
Lari bolak-balik (shuttle run) dilakukan secara cepat dan bolakbalik sejauh 4–5 meter. Lakukanlah gerakan secara berulang-ulang

b. Lari berkelok-kelok
Bagaimana cara melakukan lari berkelok-kelok? Lari berkelok-kelok dilakukan secara berkelok-kelok di antara beberapa titik (jarak titik 1–2 meter).

Kamu telah mempelajari latihan kecepatan dan kelincahan. Sudahkah kamu terampil melakukan kegiatan tersebut? Berlatihlah secara tekun dan disiplin agar kamu makin terampil. Ingat, perhatikan faktor keamanan dan keselamatan dalam berlatih. 

Demikian pembahasan materi Latihan Kecepatan dan Kelincahan. Baca juga materi selanjutnya yaitu Variasi dan Kombinasi berbagai Pola Gerak dalam Aktivitas Senam Lantai. Sekian, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel