-->

Iklan

Macam-Macam Variasi dan Kombinasi Gerak Senam Lantai dengan Alat | Buku Terbaru

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari Gerakan Senam Lantai Tanpa Alat. Selanjutnya, kamu akan belajar variasi dan kombinasi gerak senam lantai dengan alat. Apasaja alat yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan senam tersebut?

Contoh alat yang digunakan, yaitu matras, palang (gawang rintangan), tongkat kayu, dan palang besi. Untuk mengawali pembelajaran ini, lakukan kegiatan berikut bersama temanmu. Agar pengetahuanmu makin mendalam, mari, kita pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh.

1. Melompati Rintangan
Bagaimana cara melakukan gerakan melompat rintangan? Pada gerakan ini, terdapat pola gerak, yaitu tolakan, melayang, dan mendarat. Sebelum melakukan kegatan ini, siapkan rintangan (gawang) berukuran 10 cm x 100 cm. Posisi awal, sikap berdiri tegak dalam formasi berbanjar ke belakang. Mulailah meloncati gawang secara bergantian. Lakukan tolakan, kemudian melayang dan mendarat 
dengan benar. Lakukan aktivitas ini dengan disiplin.

2. Senam dengan Tongkat
Bersama temanmu, mari, lakukan senam dengan tongkat. Siapkan tongkat sepanjang satu meter. Bagaimana gerakannya? Amatilah dan praktikkan gerakan seperti Gambar berikut.
Macam-Macam Variasi dan Kombinasi Gerak Senam Lantai dengan Alat | Buku Terbaru

Posisi awal, kedua kaki dibuka selebar bahu sebagai tumpuan. Bungkukkan badan, kedua tangan memegang tongkat. Ayunkan tongkat ke atas hingga lebih tinggi dari kepala. Lakukan gerakan ini secara mandiri dan tanggung jawab.

3. Bergantung dengan Kombinasi Mengayun
Bagaimana cara melakukan gerak bergantung dan mengayun pada palang? Pertama, awali sikap badan berdiri tegak dan kemudian meloncat untuk memegang palang. Pegangan dapat kita gunakan dengan pegangan atas, bawah dan juga pegangan campuran. Bergantunglah secara lurus dan kedua kaki terangkat dari tanah. Selanjutnya ayunkan kedua tungkai kedepan dan kemudian kebelakang hingga tubuh mengayun. Sebelum mendarat, kurangi ayunan secara perlahan. Posisi akhir, mendarat dengan kedua kaki. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. Perhatikan faktor keselamatan saat bergantung dan mengayun.

4. Variasi Pola Gerak Dominan Bertumpu, Tolakan, Berputar, dan Mendarat pada Guling ke Samping
Bagaimana cara melakukan gerakan guling ke samping? Gerakan guling ke samping dilakukan di atas matras. Amatilah Gambar berikut.
contoh macam-macam kombinasi gerak senam lantai dengan alat

Praktikkan gerakan seperti gambar diatas bersama temanmu. Rasakan gerakan yang telah dilakukan. Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada teman dan guru secara jujur dan santun.

Kamu telah melakukan gerakan guling samping. Apakah gerakannya sulit? Bandingkan gerakan yang telah kamu lakukan dengan langkahlangkah berikut. Posisi awal, sikap jongkok sejajar dengan matras. Kedua tangan memegang lutut. Gulingkan badan ke arah kanan atau ke kiri. Jaga keseimbangan badan dan usahakan arah gulingan tetap lurus. Kembalilah tubuh ke posisi jongkok. Berdiri tegak dengan kedua tangan terangkat lurus ke atas. Posisi akhir, turunkan tangan ke samping badan. 

5. Variasi Pola Gerak Bertumpu, Tolakan, Berputar, dan Mendarat pada Guling ke Depan
Gerakan ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Posisi awal, sikap membungkuk dan kedua tangan bertumpu pada matras. Lakukan tolakan badan ke depan. Saat badan berputar, luruskan kaki. Setelah berputar, lepaskan tangan. Lutut ditekuk dan pegang lutut. Akhiri dengan sikap jongkok, lalu berdiri tegak. Pandangan ke depan. Lakukan gerakan ini secara disiplin dan tanggung jawab. Tumbuhkan sikap berani dan percaya dalam melakukan gerakan ini.

6. Variasi Pola Gerak Bertumpu, Tolakan, Berputar, dan Mendarat pada Guling ke Belakang
Gerakan ini merupakan kebalikan dari gerakan diatas. Kalian dapat melakukan gerakan ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Posisi awal, sikap duduk dan pandangan ke depan. Lutut ditekuk rapat, dekatkan dagu dengan dada. Lipat kedua tangan dan telapak tangan dibuka ke atas sejajar bahu. Tolak badan ke belakang. Saat berguling dan mendekati sikap akhir, luruskan kaki. Akhiri dengan sikap jongkok, lalu berdiri tegak. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab.

7. Variasi  Pola Gerak Bertumpu, Tolakan, Berputar, dan Mendarat pada Guling di Atas Peti
Bagaimana cara melakukan gerakan guling di atas peti lompat? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
a. Lakukan awalan berlari untuk mendekati peti, kemudian lompat bertolak dengan kedua kaki. Kedua tapak tangan bertumpu pada awal ujung peti.
b. Lompat dengan sedikit tolak tubuh ke atas. Lanjutkan dengan berguling ke depan di atas peti lompat. Posisi badan berputar di atas peti.
c. Posisi akhir, mendarat dengan kedua kaki. Kedua tangan diluruskan ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Demikian penjelasan tentang materi Macam-Macam Variasi dan Kombinasi Gerak Senam Lantai dengan Alat | Buku Terbaru. Baca juga materi selajutnya Variasi Langkah dan Ayunan Lengan pada Aktivitas Gerak Berirama. Sekian, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel