-->

Iklan

Rangkuman Materi Sudut Istimewa Trigonometri dan Segitiga Siku-Siku di TVRI

Rangkuman Materi Sudut Istimewa Trigonometri dan Segitiga Siku-Siku di TVRI, untuk belajar dirumah bagi  siswa/siswi SMA atau SMK bagi yang ketinggalan nonton di chanel TVRI pada hari Senin 20 April 2020 dapat kalian pelajari disini karena akan dibahas secara lengkap dan mudah dipahami.

Trigonometri

Dalam ilmu matematika trigonometri merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang sudut, sisi, dan perbandingan antara sudut terhadap sisi. Untuk dasarnya sendiri menggunakan bangun segitiga. Sedangkan sudut istimewa sendiri memeiliki arti yaitu sudut sudut dengan perbandingan trigonometri yang dapat kita tentukan nilainya tanpa menggunakan alat bantu kalkulator.

Sudut istimewa sendiri ada 4, yaitu 0 derajat, 30 derajat, 45 derajat, 60 derajat, dan 90 derajat. Untuk nilai sin 0 derajat berapa? cos 0 derajat berapa? tan 0 derajat berapa? Tentunya jika kita mengetahui cara menghafalkan rumus dari tiap-tiap nilai akan memudahkan dalam memahaminya. Nah, berikut ini akan kita bahas secara singkat dan jelas agar mudah kita pahami.

Cara Menghafalkan Nilai Perbandingan Trigonometri Sudut-Sudut Istimewa
Menghafalkan nilai perbandingan trigonometri untuk sudut sudut istimewa dapat kita hafalkan menggunakan jari tangan. Lihat gambar dibawah ini.

Rangkuman Materi Sudut Istimewa Trigonometri dan Segitiga Siku-Siku di TVRI

Kita tentukan terlebih dahulu nilai dari tiap jari tangan dan tiap jari kita beri nilai setengah. Kemudian untuk ibu jari kita kalihkan dengan angka 0, jari telunjuk kita kalihkan dengan akar 1, jari tengah kita kalihkan dengan akar 2, jari manis kita kalihkan dengna akar 3, dan kelingking kita kalihkan dengan akar 4.

1. Menghaflakan Nilai Sinus
Setelah melihat gambar diatas, cara menghafalkannya dimulai dari ibu jari sampai ke jari kelingking. Kita mulai dari sinus 0 derajat nilainya adalah 0, sinus 30 derajat nilainya adalah setengah, sinus 45 derajat nilainya setengah akar 2, sinus 60 derajat nilainya setengah akar 3, dan sinus 90 derajat nilainya adalah 1.

2. Menghafalkan Nilai Consinus
Cara menghafalkan nilai consinus sendiri kebalikan dari nilai sinus, dimulai dari jari kelingking ke ibu jari. Kita mulai dari consinus 0 derajat nilainya 1, consinus 30 derajat nilainya setengah akar 3, consinus 45 derajat nilainya setengah akar 2, consinus 60 derajat nilainya setengah akar 2, dan consinus 90 derajat nilainya adalah 0.

3. Menghafalkan Nilai Tangen

Cara menghafalkan nilai perbandingan trigonometri sudut istimewa tangen sendiri sedikit berbeda dengan cara diatas. Langsung saja lihat gambar berikut.

Rangkuman Materi Sudut Istimewa Trigonometri dan Segitiga Siku-Siku di TVRI untuk SMA/SMK sederajat


Setelah kita melihat gambar diatas, kemudian tentukan terlebih dahulu nilai dari tiap jari. Tiap jari kita beri nilai sepertiga kecuali kelingking tak hingga, karena nanti akan dipakai untuk tangen 90. Untuk ibu jari kita kalihkan dengan akar 0, jari telunjuk kalihkan dengan akar 3, jari tengah kita kalihkan dengan akar 9, jari manis kita kalihkan dengan akar 27.

Bagaimana cara menghafalkan nilai tangen? Kita akan siap untuk menggunakan nilai nilai pada jari kita untuk menghafalkan nilai dari tangen. Cara menghafalkannnya dimulai dari ibu jari kearah jari kelingking. Ibu jari untuk tangen 0 derajat nilainya adalah 0, tangen 30 derajat nilainya sepertiga akar 3, tangen 45 derajat nilainya adalah 1, tangen 60 derajat nilainya adalah akar 3 dan tangen 90 derajat nilainya adalah tak hingga.

Demikian Rangkuman Materi Sudut Istimewa Trigonometri dan Segitiga Siku-Siku di TVRI untuk SMA/SMK sederajat yang akan tayang pada hari senin 20 April 2020 di chanel TVRI. Lihat materi lainnya DISINI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel