-->

Iklan

Macam-Macam Latihan Kelenturan dan Contoh Gerakannya

Masih ingat pembahasan sebelumnya tentang macam-macam latihan otot punggung? Nah, pada kali ini akan melanjutkan materi selanjutnya yaitu macam-macam latihan kelenturan dan contoh gerakannya seperti kelenturan persendian punggung, lengan, leher, lutut, dan pergelangan tangan

Latihan kelenturan pada subpelajaran ini, kamu akan mempraktikkan latihan kelenturan. Apa manfaat latihan kelenturan? Latihan kelenturan mengurangi kekakuan persendian tubuh. Latihan kelenturan ini bermanfaat untuk mengurangi cedera saat berolahraga. Untuk memulai kegiatan pembelajaran subpelajaran ini, lakukan kegiatan berikut bersama temanmu.

1. Kelenturan Persendian Punggung, Lengan, dan Leher

Latihan ini dapat dilakukan dengan permainan menggunakan bola. Siswa dibagi beberapa kelompok dan berbanjar ke belakang. Siswa memberikan bola kepada temannya lewat samping, bawah (antara dua kaki), dan atas (di atas kepala). Kerja sama dan koordinasi antarteman harus diutamakan.

2. Kelenturan Lutut

Pada gerakan yang kedua ini juga penting untuk mengeurangi cedera pada saat berolahraga. Amatilah latihan kelenturan seperti Gambar berikut.
latihan kelenturan persendian punggung, lengan, leher, lutut, dan pergelangan tangan

Ayo, ikuti gerakan anak seperti gambar di atas! Posisi awal, berdiri tegak. Tekuk salah satu kaki ke depan, kaki kanan atau kaki kiri dahulu. Tarik hingga tumit menyentuh paha. Tahan gerakan ini hingga sepuluh hitungan. Ganti dengan posisi kaki ditekuk ke belakang. Tahan gerakan ini lagi hingga sepuluh hitungan. Gerakan yang dilakukan anak pada gambar membantu melatih kelenturan otot kaki dan lutut.

3. Kelenturan Pergelangan Tangan

Latihan ini dapat dilakukan dengan berdiri kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan berpegang dengan posisi jari merapat di antara jari tangan kanan dan kiri. Putar pegangan jari-jari tangan hingga kedua telapak tangan menghadap ke atas kepala. Tahan hingga beberapa saat. Gerakan ini membantumu melatih kelenturan otot pergelangan tangan.

Permainan yang Dapat Meningkatkan Kelenturan

Kelenturan dapat dilatih dengan permainan dan olahraga. Salah satu permainan yang dapat melatih kelenturan sendi ialah duduk berlunjur dan permainan mengoper bola. Bagaimana si cara melakukannnya? Langsung saja lihat langkah-langkah berikut.

a. Permainan Duduk Berlunjur
Bagaimana cara melakukan kegiatan permainan duduk berlunjur? Duduk berlunjur dilakukan bersama teman. Keduanya duduk saling berhadapan. Kedua kaki dilunjurkan rapat dengan kaki temannya. Telapak kaki saling menempel. Kedua tangan saling berpegangan dengan kuat. Tangan saling menarik dan bertahan. Lakukan kegiatan tersebut secara bertanggung jawab.

b. Permainan Mengoper Bola
Bagaimana pelaksanaan permainan ini? Bersama temanmu, carilah video tentang permainan oper bola dengan arahan gurumu. Tontonlah video tersebut. Praktikkan gerakannya seperti pada tayangan video bersama kelompokmu dengan semangat dan percaya diri. 

Demikian penjelasan materi macam-macam latihan kelenturan dan contoh gerakannya seperti kelenturan persendian punggung, lengan, leher, lutut, dan pergelangan tangan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel