-->

Iklan

Sebutkan Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Kasti

Sebutkan Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Kasti - Bagaimana variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan kasti? Sebelum menjawab pertanyaan ini. Mari, kita pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh.

Dalam permainan kasti terdapat tiga gerak dasar lokomotor yang harus kalian ketahui. Ketiga gerakan tersebut sangat penting kalian ketahui sebelum melakukan permainan kasti. Gerak dasar tersebut meliputi:

1. Berjalan dan Berlari
Pada permainan kasti ini terdapat pos atau tiang hinggap. Saat bermain kasti, pos inilah yang harus dilewati oleh kelompok pemukul. Untuk menuju pos, pemain kelompok pemukul melakukan berjalan dan berlari lurus atau berkelok-kelok. Variasi gerak dasar lokomotor inilah yang penting dikuasai dalam permainan kasti. Perhatikan gambar berikut.

Sebutkan Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Kasti


2. Berlari dan Melompat
Pada permainan kasti kalian juga harus belajar variasi gerak dalam berlari dan melompat. Variasi gerak dasar ini bertujuan untuk menghindari lemparan bola oleh kelompok penjaga. Saat kelompok penjaga lengah, anggota kelompok pemukul yang berada di pos bergegas menuju ke pos berikutnya. Lakukanlah variasi gerakan melompat untuk menghindari lemparan dari lawan.

3. Berlari Lurus Cepat dan Lari Berkelok-kelok
Variasi gerakan dasar lokomotor yang ke tiga ini juga harus kalian kuasai saat bermain kasti. Apa si tujuan gerakan ini? Gerakan berlari lurus cepat dan lari berkelok-kelok memiliki tujuan agar pemain menuju ke pos dan menghindari lemparan dari kelompok penjaga. Aktivitas lokomotor ini harus dilatih dengan tekun dan disiplin agar kalian semakin terampil. Pertama, posisi berdiri tegak dan fokus pandangan ke arah lapangan. Kedua, kalian berlari lurus dengan cepat dilanjutkan dengan lari berkelok-kelok menuju pos. 

Variasi gerak dasar lokomotor tersebut perlu diperhatikan saat kalian bermain kasti. Bagi kalian para pemain kasti, variasi gerak dasar ini harus dipelajari secara tekun dan disiplin tentunya. Perlu kalian ingat, utamakan literasi keamanan dan keselamatan saat belajar variasi gerak dasar tersebut.

Praktikkan Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Kasti berikut!

Sebelumnya kalian telah mempelajari variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan kasti. Untuk meningkatkan keterampilan kalian, lakukan kegiatan-kegiatan berikut ini.
1. Berjalan dan berlari menuju ke pos atau tiang hinggap.
2. Berlari dan melompat untuk menghindari lemparan dari kelompok penjaga.
3. Berlari lurus cepat dan lari berkelok-kelok menuju ke pos.
Lakukan kegiatan di atas dengan disiplin dan tanggung jawab. Jika kalian mengalami kesulitan, mintalah bimbingan pada guru secara santun.

Demikian pembahasan lengkap materi gerak dasar lokomotor dalam permainan kasti. Baca juga materi selanjutnya yaitu Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Kasti. Sekian, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel