-->

Iklan

Batas Wilayah Negara Vietnam Sebelah Barat, Timur, Utara dan Selatan

Sebutkan batas-batas wilayah negara Vietnam secara lengkap? Berikut ini akan kami jelaskan batas wilayahnya meliputi bagian barat, timur, utara dan selatan. Republik Sosialis Vietnam adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara. Tepatnya berada di paling timur Semenanjung Indochina. Ibu kota Vietnam pada awalnya berada di kota Hanoi, namun belakang beredar bahwa ibukotanya dipindahkan ke kota Ho Chi Minh yang merupakan kota terbesar di negara ini.

Luas total wilayah negara Vietnam yaitu kurang lebih sekitar 331,212 km2. Jumlah penduduk Vietnam di tahun 2019 mencapai lebih dari 97 juta jiwa. Dengan jumlah tersebut, populasinya berada di peringkat ke 3 di kawasan Asia Tenggara.

Batas Wilayah Negara Vietnam

Batas Wilayah Negara Vietnam

Secara geografis, letak negara Vietnam berada di pantai timur Semenanjung Indochina. Sementara secara astronomis, letaknya berada di antara 4°LU – 24°LU dan garis bujur 104°BT – 109°BT.  Batas wilayah negara Vietnam secara geografis yaitu berbatasan dengan daratan di sebelah barat dan utaranya. Sementara di sebelah timur dan selatan negara ini berbatasan dengan perairan (laut).

Berikut ini batas-batas wilayah Vietnam secara geografis dan penjelasannya, antara lain :
  • Barat : Negara Kamboja dan Laos
  • Timur : Laut China Selatan
  • Utara : China (Tiongkok)
  • Selatan : Laut China Selatan dan Teluk Thailand
Batas wilayah Vietnam di sebelah barat yaitu berbatasan dengan daratan negara Kamboja dan Laos. Beberapa daerah di Laos yang berbatasan dengan negara Vietnam seperti Muang Khua, Pha Nang, Xam Neua dan Lak Sao. Kemudian wilayah Kamboja yang berbatasan langsung dengan Vietnam contohnya seperti Senmonorom, dan Kaev Seima.

Kemudian batas negara Vietnam di sebelah timur yaitu seluruhnya berbatasan dengan Laut China Selatan. LCS sendiri kurang lebih memiliki luas 3500000 km2. Laut ini memiliki letak yang strategis, sebab 1/3 kapal di dunia melintasi jalur ini. Selain disebelah timur, batas Vietnam di sebelah selatan juga berbatasan dengan Laut China Selatan.

Selanjutnya batas wilayah di bagian utara. Di wilayah bagian utara, negara Vietnam secara langsung berbatasan dengan daratan negara Tiongkok. Beberapa wilayah Tiongkok yang berbatasan dengan negara Vietnam yaitu meliputi Pingbian, Malipo, Xichou, Napo, Jingxi, Longzhou dan Ningming.

Selain dengan Laut China Selatan, Vietnam bagian selatan juga berbatasan dengan Teluk Thailand. Tepatnya di bagian barat Vietnam Utara. Teluk ini memiliki luas sekitar 320.000 km². Kedalaman rata-rata teluk ini kurang lebih sekitar 45 meter dan dapat dikategorikan teluk dangkal.

Lihat juga batas wilayah: SingapuraMalaysia dan Timor Leste
    Demikian pembahasan secara lengkap mengenai Batas-Batas Wilayah Negara Vietnam meliputi bagian barat, timur, utara dan selatan. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel terkait profil negara Vietnam seperti kehidupan agama, ekonomi dan politiknya. Sekian, terimakasih. 

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel