-->

Iklan

Latihan Kekuatan Otot Tungkai dan Macam Bentuk Gerakannya

Latihan Kekuatan Otot Tungkai dan Macam Bentuk Gerakannya - Pada materi sebelumnya, kamu telah mempelajari latihan daya tahan. Selanjutnya, kamu akan mempraktikkan latihan kekuatan. Sebelum memulai pembelajaran, mari, lakukan kegiatan berikut.

Bagaimana cara berlatih kekuatan untuk meningkatkan kebugaran jasmani? Latihan kekuatan dilakukan dengan gerakan dan permainan berikut.

1. Latihan Kekuatan Otot Tungkai
Kekuatan otot tungkai dilatih dengan melakukan beberapa gerakan, misalnya jongkok berdiri, naik turun bangku, dan half squat jump.

a. Jongkok Berdiri
Bagaimana cara melakukan gerakan jongkok berdiri? Posisi awal berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Letakkan kedua tangan di samping badan. Gerakan dilakukan dari sikap berdiri ke jongkok dan/atau sebaliknya. Saat berjongkok, tidak sampai ke bawah atau setengah jongkok. Gerakan dilakukan secara berulang. Lakukan gerakan secara disiplin dan tanggung jawab.

b. Naik Turun Bangku
Kekuatan otot kaki dapat dilatih dengan naik turun bangku setinggi 15 cm. Latihan dilakukan secara bergantian naik turun bangku bersama temanmu. Lakukan gerakan dengan disiplin dan tanggung jawab.

c. Half Squat Jump

Latihan Kekuatan Otot Tungkai dan Macam Bentuk Gerakannya

Amatilah kegiatan half squat jump seperti Gambar diatas. Latihan half squat jump dilakukan dengan posisi berdiri. Kedua kaki tetap berada di lantai. Kedua tangan berada di kepala. Lakukan gerakan ini dengan disiplin dan tanggung jawab sesuai aba-aba guru. Kekompakan gerakan dengan teman-teman harus tetap dijaga. Kamu telah mempelajari latihan kekuatan otot tungkai. Untuk meningkatkan kemampuanmu, lakukan kegiatan berikut.

Demikian penjelasan tentang Latihan Kekuatan Otot Tungkai dan Macam Bentuk Gerakannya. Baca juga materi selanjutnya yaitu materi latihan kekuatan otot lengan bahu dan dada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel