-->

Iklan

Rangkuman Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya | SD Kelas 4-6 di TVRI

Rangkuman Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya | SD Kelas 4-6 di TVRI, untuk belajar dari rumah bagi siswa/siswi yang ketinggalan nonton di chanel TVRI pada hari Selasa 21 April 2020 dapat kalian pelajari disini karena akan dibahas secara lengkap dan mudah dipahami. Langsung saja simak penjelasan berikut.

Makhluk hidup dan lingkungannya

Makhluk hidup merupakan makhluk yang mempunyai ciri ciri kehidupan ditandai dengan bernafas, bergerak, dan berkembang biak. Semua makhluk hidup tidak dapat hidup sendiri karena setiap makhluk hidup saling ketergantungan.

Sedangkan lingkungan merupakan kombinasi antara keadaan fisik yang terdiri atas sumber daya alam seperti air, tanah, energy surya, mineral, flora dan fauna yang tumbuh diatas tanah ataupun di dalam lautan.

Makhluk hidup dan lingkungan sangat erat kaitannya satu sama lainnya. Seperti makhluk hidup bernafas membutuhkan udara dari lingkungan, makhluk hidup makan membutuhkan lingkungan, makhluk hidup minum juga membutuhkan lingkungan dan makhluk hidup menjalankan aktifitas membutuhkan lingkungan pula. Jadi, semua makhluk hidup itu saling membutuhkan satu sama lainnya.

Hubungan erat antar makhluk hidup disebut simbiosis. Simbiosis itu sendiri dapat dibedakan menjadi 3. Apa saja macam-macam simbiosis? Langsung saja lihat penjelasan berikut.

1. Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme myaitu jika kedua makhluk hidup, hidup berdampingan dan masing-masing makhluk hidup mendapat keuntungan. Contohnya seperti hubungan antara hewan lebah dan bunga. Lebah mengambil nektar tanaman bunga sebagai makanannya, sedangkan tanaman bunga diuntungkan karena hewan lebah membantu terjadinya penyerbukan pada tanaman bunga.

2. Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme merupakan hubungan kedua makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak sedangkan pihak lain tidak dirugikan dan diuntungkan. Contohnya seperti hubungan antara bunga anggrek dengan pohon inangnya. Bunga anggrek membutuhkan pohon yang tinggi untuk tempat menempel agar memperoleh cahaya sinar matahari, sedangkan pohon tidak dirugikan dan tidak diuntungkan karena abunga anggrek dapat membuat makanan sendiri.

3. Simbiosis Parasitisme
Simbiosis parasitisme merupakan hubungan kedua makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lainnya. Contohnya seperti hewan kutu yang menempel pada hewan lain. Hewan kutu yang ukurannya sangat kecil mencari makanan dengan menempel menyedot darah di tubuh hewan, akibatnya hewan tersebut kehilangan darah karena disedot oleh kutu dan merasakan gatal karena ditubuhnya ada kutu tersebut.

RANTAI MAKANAN

Rangkuman Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya | SD Kelas 4-6 di TVRI

Apa itu rantai makanan? Rantai makanan merupakan hubungan yang menggambarkan peristiwa makan dimakan antar makhluk hidup. Dalam rantai makanan tumbuhan memiliki peran sebagai produsen. Penghasil bahan makanan disebut produsen, sedangkan konsumen berarti pemakan.

Demikian pembahasan Rangkuman Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya | SD Kelas 4-6 di TVRI yang akan tayang pada hari Selasa 21 April 2020 di chanel televisi TVRI. Lihat materi lainnya DISINI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel